by

Ubat Kencing Manis Dan Perawatan Lukanya

ubat kencing manisBagi penderita diabetes khususnya yang basah sering kali terdapat luka, sebab pada diabetes basah tidak boleh terjadi luka jika ada luka sedikit saja maka akan sulit sekali sembuhnya. Meskipun demikian tetap saja ada luka yang disebut dengan gangrene atau luka karena pembusukan. Karena itulah penderita memerlukan ubat kencing manis untuk mengobati diabetesnya. Luka yang timbul dikarenakan gagalnya sistem imun dalam tubuh, oleh karena itulah lukanya menjadi sulit untuk disembuhkan. Biasanya luka tersebut berada di kaki pasien. Dan jika tidak ditangani dengan serius bukan tidak mungkin jika kakinya akan di amputasi karena terjadi pembusukan pada luka yang terus menjalar ke seluruh kaki.

Merawat Luka Dengan Ubat Kencing Manis

Banyak kita melihat bentuk luka pada penderita diabetes yang cukup mengerikan bahkan ada yang sampai diamputasi kakinya. Sebenarnya luka tersebut dapat di antisipasi dengan memaksimalkan pengobatan dan mengobati lukanya secara teratur. Dan juga hindari luka juga harus dalam keadaan kering dan jangan dibiarkan lembab. Jika lembab maka luka akan terus berkembang sebab kuman,  jamur dan bakteri suka di daerah yang lembab. Kemudian selalu mengikuti anjuran dokter dan melakukan diet dengan benar. Mengkonsumsi ubat kencing manis dengan benar dan teratur juga harus dilakukan agar dapat mengontrol gula dalam darah sehingga akan mengurangi resiko melebarnya luka gangrene.

Ketika Anda ingin merawat dan mengobati luka maka tangan Anda harus dalam keadaan bersih dan luka juga harus dibersihkan dengan sabun antiseptic dan juga air hangat untuk menghilangkan kuman yang menempel pada luka. Kemudian keringkan kaki dengan perlahan hingga kebagian sela-sela jari, agar kaki tidak menjadi lembab. Dan jika kaki Anda kering ada baiknya gunakan pelembab kulit agar kulit kaki tidak menjadi pecah-pecah dan terkelupas. Namun jika hal itu terjadi segera hubungi dokter Anda agar mendapatkan ubat kencing manis yang tepat untuk mengobatinya. Dan untuk melancarkan peredaran darah tidak ada salahnya penderita diabetes melakukan olahraga ringan setidaknya selama 5-10 menit.

Related posts: