by

Tips Pertanian Trichoderma Sp. Untuk Antifungal

cipanasfarmCendawan merupakan suatu kelompok jasad hidup yang menyerupai tumbuhan tingkat tinggi. Cendawan merupakan parasit bagi tumbuhan inangnya dan dapat menyebabkan penyakit pada inangnya. Trichoderma Sp merupakan sejenis jamur, tetapi jamur ini dapat menjadi agen biokontrol karena sifatnya yang antagonis bagi cendawan patogen. Trichoderma Sp termasuk ke dalam golongan Ascomycetes. Anda dapat menemukan Trichoderma Sp di tanah hutan maupun pertanian. Trichoderma Sp dapat diandalkan untuk mengatasi tanaman yang sakit akibat cendawan patogen. Trichoderma Sp mempunyai aktivitas antagonis antara lain pembentukan toksin seperti antibiotik. Berikut penjelasan tips pertanian mengenai manfaat Trichoderma Sp untuk antifungal, yaitu mengobati tanaman yang sakit karena jamur.

Tips Pertanian Trichoderma Sp. Untuk Antifungal

Tips pertanian agar tanaman lebih tahan terhadap penyakit dapat menggunakan Trichoderma Sp. Trichoderma Sp mempunyai kemampuan yang bervariasi pada setiap spesiesnya. Hal tersebut karena faktor ekologi yang membuat produksi bahan metabolit bervariasi. Trichoderma Sp menghasilkan metabolit yang memiliki sifat volatil dan non volatil. Metabolit non volatil lebih efektif dari pada metabolit volatil. Metabolis yang dihasilkan oleh Trichoderma Sp berdifusi melalui membran dialisis yang dapat menghambat pertumbuhan patogen. Spesies dari Trichoderma seperti Trichoderma harzianum, Trichoderma Viridae dan Trichoderma konigili memiliki fungsi sebagai agen hayati. Trichoderma Sp juga mampu menghambat perkembangan beberapa jenis cendawan patogen yang dapat menyebabkan penyakit pada tanaman.

Salah satu spesies yaitu Trichoderma harzianum mempunyai aktivitas antifungal yang paling tinggi. Oleh karena itu Trichoderma ini paling banyak diteliti oleh peneliti. Trichoderma harzianum ini mempunyai kemampuan berkompetisi melawan cendawan patogen. Trichoderma harzianum juga dapat membantu dan menjaga ketahanan tanaman dari serangan cendawan patogen. Sehingga sangat penting digunakan untuk tanaman, seperti tanaman sengon yang sering terkena cendawan. Dalam melawan cendawan, Trichoderma Sp dapat melindungi bibit dari penyakit rebah kecambah, melarutkan dinding sel cendawan patogen, menyerang dan menghancurkan propagul cendawan patogen. Demikian informasi mengenai Trichoderma Sp yang berfungsi sebagai antifungal, semoga bermanfaat. Anda dapat memperoleh informasi serupa di www.cipanasfarm.com.

Related posts: