by

Operasi Mata Penyebab Katarak

penyebab katarakKatarak adalah suatu keadaan yang membuat lensa mata tampak keruh. Padahal seharusnya lensa mata jernih, bening dan transparan. Lensa mata merupakan tempat sinar lewat untuk menuju retina. Jika lensa mata mengalami kekeruhan, maka sinar dapat terhalang kekeruhan ini. Maka hal tersebut akan membuat penglihatan menurun bahkan hilang sama sekali. Penyebab katarak yaitu berbagai macam faktor seperti genetik, yaitu terdapat sejarah keluarga yang mengidap katarak. Katarak juga dapat disebabkan oleh faktor lingkungan, banyak faktor lingkungan yang dapat menyebabkan penyakit ini yaitu, infeksi pada mata, glaukoma, penyakit komplikasi seperti diabetes, konsumsi alkohol dan rokok. Katarak juga sering menyerang pada seseorang yang terlalu sering bekerja di bawah sinar.

Gejala Seseorang Yang Terkena Penyebab Katarak

Penderita katarak akan kesulitan dalam penglihatan karena mempunyai lensa mata yang keruh. Penderita juga tidak mampu melihat bayangan benda secara jelas. Penyakit ini dapat diobati dengan jalan operasi. Operasi atau pembedahan diindikasikan jika ingin mempunyai atau sangat memerlukan penglihatan akut untuk bekerja atau untuk alasan keamanan dan lain-lain. Teknik pembedahan dapat dilakukan untuk mengurangi penyebab katarak. Operasi mata katarak ini dapat dilakukan dengan tiga teknik pembedahan antara lain ekstraksi katarak intrakapsular (EKIK), ekstraksi katarak ekstrakapsuler (EKEK) dan fakoemulsifikasi. Teknik ekstraksi katarak intrakapsular dilakukan dengan mengeluarkan lensa secara utuh, yaitu dilakukan dengan cara menyayat selaput bening dan memasukkan alat melalui pupil. Selanjutnya menarik lensa keluar, cara ini membutuhkan penyembuhan luka yang lebih lama.

Kemudian pada ekstraksi katarak ekstrakapsur, operasi pembedahan dilakukan dengan mengeluarkan lensa setelah pembungkus depan dibuat lubang, kemudian pada pembungkus belakang ditinggalkan. Teknik ini memungkinkan untuk dipasangi lensa pengganti yaitu lensa tanam bilik mata belakang. Teknik ini memungkinkan untuk operasi dengan sayatan lebih kecil yaitu 10 sapai 11 mm. Mempunyai sedikit jahitan dan waktu penyembuhan luka yang lebih pendek. Sementara itu operasi pembedahan penyebab katarak menggunakan teknik fakoemulsifikasi memungkinkan pengambilan lensa melalui insisi yang lebih kecil. Teknik pembedahan ini dilakukan dengan menggunakan alat yaitu ultrason frekuensi tinggi yang dapat memecah nucleus dan korteks pada lensa sehingga menjadi partikel kecil. Teknik ini membutuhkan waktu yang lebih pendek dan juga menurunkan insidensi astigmatisme setelah operasi.

Related posts: