by

Memanfaatkan Mengkudu Sebagai Obat Diabetes

obat diabetesDiabetes merupakan penyakit yang cukup berbahaya dan dianggap sebagai penyakit yang mematikan ketiga di Indonesia setelah stroke dan jantung. Sehingga kita perlu mewaspadainya agar kita jauh dan terhindar dari penyakit tersebut. Berbagai cara pengobatan dapat dilakukan untuk mengobati dan menyembuhkan penyakit diabetes ini. Di Indonesia sendiri diabetes dapat dengan obat diabetes herbal atau alami. Karena di Indonesia memang banyak sekali tumbuh tanaman yang dapat dijadikan obat untuk berbagai macam penyakit termasuk juga dengan penyakit diabetes.

Mengenal Mengkudu Sebagai Obat Diabetes

Mengkudu salah satu buah yang dapat dijadikan obat alternatif dalam pengobatan diabetes. Buah mengkudu memiliki kandungan yang cukup banyak dan baik untuk kesehatan, sehingga diyakini dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Buah mengkudu sendiri memiliki aroma yang tidak mengenakkan seperti keju busuk yang diduga karena adanya percampuran antara asam kaprat yang terdiri dari asam lemak dengan C10, C6 dan C8. Dan diduga bahwa C6 dan C8 memiliki sifat antibiotik aktif sehingga dapat dijadikan obat diabetes. Berbagai zat nutrisi yang terkandung dalam mengkudu berguna untuk tubuh kita seperti protein, vitamin dan mineral yang penting yaitu selenium yang merupakan antioksidan yang sangat baik. Selain itu juga terdapat xeronine, plant sterois, lycine, alizarin, sosium dan lain sebagainya.

Ada juga zaterpenoid yang dapat membantu proses pemulihan sel-sel dalam tubuh. Karena zat anti bakteri yang aktif dan dapat mematikan berbagai bakteri yang menyebabkan infeksi tentunya hal ini sangat baik dalam penyembuhan luka basah yang dialami oleh pasien diabetes. Kemudian senyawa scolopetin yang efektif sebagai anti peradangan dan anti alergi. Dengan kandungan itu saja mengkudu dapat dijadikan sebagai obat diabetes, namun masih ada lagi zat bermanfaat yang terdapat dalam buah mengkudu ini. zat lain tersebut antara lain zat anti kanker, xeronine dan proxeronine yang berfungsi untuk mengatur pembentukan kembali sel-sel tubuh yang telah rusak. Dalam mengobati penyakit diabetes ini memang memerlukan tingkat kesabaran yang tinggi. Karena memang tidak instan.

Related posts: