by

Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

tips kesehatanJambu biji, siapa yang tidak mengetahui bagaimana bentuk jambu biji. Buah yang tumbuh subur di Asia ini bentuknya bulat dengan kulit berwarna hijau muda jika sudah matang dan memiliki daging buah yang berwarna putih namun juga ada yang berdaging merah. Dan di dalam daging buah tersebut terdapat biji-biji yang kecil. Jambu biji selain rasanya yang enak dan manis ini juga memiliki kandungan gizi yang sangat berguna untuk tubuh kita. Jambu biji memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Selain itu terdapat vitamin A, folat, flavonoid, lycopene, lutein, cryptoxanthin dan kalium. Selain itu terdapat pula beberapa nutrisi walau jumlahnya tidak banyak seperti asam pantotent, niasin, vitamin B6, vitamin E dan K, tembaga, mangan dan lainnya.

Dan manfaat buah jambu biji adalah sebagai berikut yang pertama adalah mengatasi diabetes karena kandungan seratnya yang tinggi dapat membantu untuk mengatur penyerapan gula yang memungkinkan untuk menurunkan insulin dan glukosa di dalam tubuh. Yang berikutnya adalah dapat menyehatkan tiroid hal ini dikarenakan adanya zat tembaga yang berfungsi untuk mengatur metabolisme tiroid yang membantu mengontrol produksi hormon dalam penyerapan gizi.  Mengoptimalkan penglihatan karena jambu biji juga mengandung vitamin A yang memang sangat baik untuk kesehatan mata.

Manfaat yang selanjutnya adalah untuk mengatasi diare karena dengan senyawa astringen yang membuat perlindungan terhadap diare dan mencegahnya menjadi disentri. Karena senyawa astringen dapat menghilangkan lendir yang berlebih pada usus dan menghambat pertumbuhan mikroba. Kemudian jambu biji juga dapat mengobati demam dan batuk. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang kaya hingga dapat mencegah infeksi dan virus. Dengan memberikan jus jambu dan rebusan daun jambu biji akan mengurangi lendir pada tenggorokan. Dengan kandungan lycopene yang bermanfaat sebagai zat anti inflamasi dan mencegah pertumbuhan sel tumor. Dan jus jambu biji banyak dikonsumsi pada pasien demam berdarah karena mengandung vitamin E, K, folat, niasin, magnesium dan asam panthothenic yang sangat mampu untuk menambah jumlah sel darah merah dalam tubuh kita.

Related posts: