by

Langkah Peroleh Bibit Anggur Dengan Mencangkok

bibit anggurBibit tanaman buah anggur ternyata dapat juga anda peroleh dari teknik mencangkok loh. Mungkin selama ini sebagian besar dari anda belum mengetahui bagaimana cara mencangkok tanaman anggur sehingga menghasilkan bibit anggur. Supaya anda sukses dalam memperoleh bibit tanaman buah anggur yang sehat maka anda harus memperhatikan berbagai cara yang akan dijelaskan pada tulisan ini secara lengkap dan pastinya mudah anda pahami. Perlu anda perhatikan bahwa sebaiknya anda perlu melakukan beberapa uji coba dahulu untuk dapat memperoleh bibit yang baik. sebab keahlian mencangkok juga tidak dimiliki oleh semua orang. Dengan begitu sebagai pemula anda dapat memperhatikan dengan cermat dan melakukan langkah-langkah berikut dengan teliti.

Perhatikan Langkah Mencangkok Bibit Anggur

Untuk mendapatkan bibit anggur dengan mencangkok, pertama anda dapat menyediakan media terlebih dahulu. Media yang dimaksud yaitu media cangkok yang terdiri dari pupuk kandang dan juga pasir dengan perbandingan yang sama. Selanjutnya pilihlah ranting yang berwarna cokelatĀ  dengan ukuran sebesar jari kelingking dan memiliki batang yang lurus. Lalu kupaslah kulit ranting sekitar tiga sentimeter. Selanjutnya bersihkan lendir dari ranting tersebut dan diamkan terlebih dahulu hingga akhirnya mengering. Jika ranting tampak kering, maka baru anda bungkus ranting yang telah dikupas tersebut dengan media cangkok sebesar satu genggaman. Balut dengan plastik bening dan kemudian ikatlah dengan menggunakan tali rafia.

Setelah itu, diamkan selama dua Minggu sampai tumbuh akar, lalu diamkan lagi cangkokan tersebutĀ  sekitar dua Minggu lagi untuk kemudian dipotong. Setelah itu anda dapat menanam cangkokan yang telah anda potong ke dalam media polybag dengan ukuran sekitar 20cm x 20cm selama kurang lebih dua Minggu lagi. Media tanam yang diperlukan ialah pasir, pupuk kandang atau jenis humus dengan menggunakan perbandingan satu banding satu. Namun sebelum cangkokan tersebut anda pindahkan ke dalam polybag, akan lebih baiknya jika plastik yang membungkus cangkokan tersebut di sayat terlebih dahulu supaya akar yang tumbuh di dalamnya dapat tumbuh dengan bebas dan tidak terhambat. Bibit anggur dalam polybag ini harus anda siram dengan jangka waktu yang teratur dan simpan saja selama dua Minggu ke depan. Baru setelah itu dapat anda pindahkan ke lahan terbuka.

Related posts: