by

Cara Terbaik Menghadapi Anak yang Demam

tips kesehatanOrang tua yang melihat anaknya terserang penyakit, pasti akan sangat merasa pusing dan khawatir. Salah satu jenis penyakit yang sederhana namun tetap mengkhawatirkan yaitu demam. Apabila anak Anda terkena demam, memang membutuhkan pertolongan yang tepat. Meski begitu, Anda jangan terlalu panik dalam menghadapinya. Justru dengan Anda panik akan menjadikan keadaan keruh dan akhirnya sang anak jadi tidak nyaman. Padahal seorang anak yang sedang sakit akan butuh kenyamanan dari orang tuanya. Apabila Anda belum mengerti bagaimana cara memperlakukan anak yang demam dengan baik, kami akan beritahukan cara tepatnya. Pertama, Anda itu hanya perlu memberikan asupan terbaik pada anak. Jika memang masih menyusui, teruslah memberikan anak ASI.

Pasalnya ASI itu adalah asupan terbaik bagi sang anak. Dalam ASI itu mengandung banyak vitamin serta nutrisi yang sangat berguna untuk meningkatkan sistem imun anak. Selain itu, Anda pun harus terus mengompres agar suhu tubuhnya bisa berangsur turun. Jika Anda tidak ingin ribet mengganti kompresan, sekarang sudah tersedia kompresan berbentuk plester. Bahkan menggunakan plester tersebut akan lebih cepat dalam menurunkan suhu tubuh anak. Sembari mengompresnya, Anda harus selalu mengecek suhu tubuh secara berkala. Dengan begitu Anda bisa mengetahui bagaimana perkembangan dari keadaan anak. Agar demamnya turun, Anda juga harus berikan obat kepada sang anak. Belilah obat di apotek yang telah disesuaikan dosisnya.

Cara penanganan selanjutnya, buatlah sang anak senyaman mungkin ketika sakit. Contohnya, tempatkan anak dalam sebuah ruangan yang tak terlalu panas. Jika memang sang anak akan rewel jika ditempatkan pada sebuah ruangan yang tidak ber-AC, maka tidak masalah. Anda bisa mempergunakan mesin uap di dalamnya. Sehingga setidaknya suhu tidak akan terlalu dingin. Jika rangkaian penanganan tersebut dilaksanakan sebaik mungkin, maka demam yang diderita sang anak pasti akan turun. Namun apabila  hingga beberapa hari demam tak kunjung mengalami penurunan, lebih baik bawa ke dokter. Pasalnya ditakutkan demam tersebut merupakan indikasi atau ciri dari adanya penyakit yang lebih serius.

Related posts: