by

Cara Merawat Baju Batik Wanita

baju batik wanitaBatik kini menjadi salah satu pakaian yang sudah bukan lagi menjadi milik kaum “tua”, atau begitulah kaum muda menyebutnya. Kini batik menjadi salah satu pakaian yang menjadi primadona bagi hampir semua kalangan, baik tua atau muda. Apalagi kini banyak model baju batik yang bermunculan, terutama baju batik wanita yang kini mengalami perkembangan yang pesat dalam hal variasi model sehingga batik kini bisa sampai dipasarkan secara internasional. Akan tetapi banyak di antara para pemilik baju batik ini tidak tahu cara merawat baju batiknya agar tetap memiliki warna yang bagus serta awet. Tentu saja dalam merawat baju batik tidak sembarangan, ada treatment tersendiri yang harus dilakukan agar baju batik yang kita miliki tidak mudah rusak dan pudar warnanya.

Bagaimana Cara Merawat Baju Batik Wanita?

Banyak orang yang tidak mengetahui bagaimana cara merawat baju batik, terutama baju batik wanita. Hal ini dikarenakan model dari baju wanita ini lebih beragam dibanding dengan baju pria yang modelnya itu-itu saja. Apalagi baju batik memang kaya akan warna dan motif, sehingga diperlukan treatment khusus untuk merawat baju batik ini terutama pada saat pencucian agar kualitas dari warna baju batik ini tetap bagus, terlihat seperti baru. Pembuatan batik yang handmade terutama memerlukan perawatan yang khusus karena kain batik ini sangat sensitif. Hal yang perlu diperhatikan pada saat perawatan baju batik ini adalah pada saat pencucian.

Jangan mencuci batik dengan menggunakan detergen. Karena detergen kaya akan bahan kimia, sehingga tidak cocok bila digunakan untuk mencuci batik yang memang memiliki kekhasan tersendiri dalam kainnya. Bila dicuci dengan menggunakan detergen, kain akan mudah rusak dan warna akan mudah luntur. Maka dari itu, cucilah dengan menggunakan bahan khusus yang digunakan untuk mencuci batik yang kini banyak tersedia di pasaran. Selanjutnya adalah, baju batik jangan diperas untuk mengurangi kadar airnya setelah dicuci, hal ini akan menyebabkan kerusakan pada struktur kain batik itu sendiri. Lalu, jangan menjemur baju batik ini d bawah sinar matahari langsung, karena hal ini akan membuat warna pada motif batik kain menjadi mudah pudar. Jemurlah baju batik wanita Anda di tempat yang teduh, tidak terkena sinar matahari secara langsung.

Related posts: