by

Cara Menjaga Kesehatan Bayi Baru Lahir

tips kesehatanMemiliki momongan sangatlah menggembirakan, terlebih lagi jika Anda sudah menantikan untuk memiliki anak sejak lama. Bayi baru lahir sangatlah lemah dan membutuhkan penanganan yang secara khusus sehingga akan tetap sehat. Sistem tubuh pada bayi baru lahir juga belum begitu sempurna dan belum bisa bekerja secara maksimal sehingga Anda harus sangat berhati-hati. Menjaga kesehatan bayi baru lahir sebenarnya mudah saja asal Anda paham cara dalam menjaganya dengan baik dan juga tepat. Sebab jika asal-asalan dapat menyebabkan bayi mudah sakit dan juga bisa meninggal dunia. Bagi Anda yang sedang menjadi orang tua baru dengan memiliki bayi kecil pasti memiliki pengalaman yang sedikit sehingga kebanyakan akan merasa bingung ketika menjaganya.

Nah, Anda sebaiknya jangan khawatir jika menjadi orang tua baru yang memiliki bayi kecil dan baru lahir karena terdapat beberapa tips cara menjaga kesehatan bayi dengan benar. Cara pertama yaitu jangan pernah memberikan makanan dari luar kepada bayi yang baru lahir. Sebab makanan utamanya yaitu berupa ASI dari sang ibu. Jika Anda memberikan sembarangan makanan dapat mengakibatkan bayi menjadi sakit akibat sistem pencernaan yang belum sempurna dan juga sangat rawan dengan kuman dari luar. Cara kedua berikan ASI secara terus menerus atau setidaknya 2 jam sekali sehingga bayi akan merasa kenyang dan juga tidak rewel. Namun dalam memberikan ASI juga jangan terlalu berlebihan sebab lambung bayi masih dalam ukuran yang kecil dan belum dapat menampung banyak ASI.

Cara ketiga hangatkan badan bayi dengan memberikan selimut atau menggunakan pakaian yang panjang serta tertutup sehingga bayi tidak akan merasa kedinginan. Cara keempat jika bayi mengalami muntah air susu janganlah panik sebab keadaan ini sangat umum terjadi pada bayi baru lahir. Untuk mengantisipasinya cukup dengan membersihkan air susu muntahan dengan kain bersih. Cara kelima setelah bayi meminum ASI sebaiknya gendong dan usahakan bayi mengeluarkan sendawa sehingga tidak akan mengalami muntah. Terakhir amati perkembangan dan juga kesehatan bayi dengan baik, jika Anda menemukan sesuatu yang janggal dengan kesehatan bayi sebaiknya bawalah ke rumah sakit untuk diberi penanganan yang tepat sehingga bayi dapat sehat kembali.

Related posts: