by

Cara Atasi Keram Perut Akibat Haid

tips kesehatanTak jarang wanita ketika sedang dalam masa haid mengalami keram perut. Bahkan tak hanya keram, perut pun akan menjadi sangat sakit dan juga perih. Hal tersebut sebenarnya wajar untuk terjadi. Pasalnya saat haid, di dalam rahim seorang wanita itu akan mengalami sebuah proses yang namanya peluruhan. Proses peluruhan merupakan tanda bahwa tidak terjadi pembuahan. Sehingga pada akhirnya darah kotor pun keluar dan menimbulkan rasa nyeri selama beberapa hari. Banyak wanita yang was-was ketika haid. Pasalnya keram perut yang dirasakan benar-benar akan mengganggu pekerjaan mereka. Untuk itu ketika keram mulai terasa, Anda harus berhenti bekerja sejenak untuk merelaksasikan perut.

Untuk merelaksasikan perut itu bisa menggunakan air hangat. Masukkan air hangat ke dalam plastik besar, dan isilah hingga penuh. Setelah itu ikatlah plastik tersebut, kemudian tempel-tempelkan di atas perut. Menempelkan air hangat tentu akan membuat aliran darah atau proses peluruhan menjadi lebih lancar. Dengan aliran darah yang lancar, maka rasa nyeri atau keram pun jadi lebih reda. Selain itu, Anda juga jangan menggunakan celana ataupun rok yang terlalu ketat. Pasalnya itu bisa menambah rasa tidak nyaman, dan pada akhirnya rasa nyeri akan lebih terasa. Sembari merelaksasikan perut, Anda juga harus minum air. Anda harus minum air hangat supaya membantu meredakan rasa nyeri dari dalam. Selama haid, seharusnya Anda tidak boleh minum air dingin.

Selain dapat menyebabkan keram serta nyeri, air es pun bisa meninggalkan bekas darah peluruhan karena membeku. Adanya pembekuan tersebut akan berakibat buruk setelah beberapa tahun ke depan. Pasalnya hal tersebut bisa menimbulkan penyakit cukup serius, yakni kanker rahim. Kemudian yang selanjutnya, makan tepat waktu. Memang ketika haid keadaan perut benar-benar tidak enak. Akan tetapi bagaimana pun perut Anda membutuhkan asupan makanan. Jika tidak makan maka menyebabkan nyeri di lambung. Jika nyeri lambung dan nyeri di rahim itu muncul bersamaan, tentu saja akan memperburuk keadaan. Dan yang terakhir, perhatikan makanan yang akan dikonsumsi. Usahakan makanan tersebut tidak kecut serta tidak pedas.

Related posts: