by

Apakah Penyakit Kuning Itu?

tips kesehatanJika Anda pernah melihat kondisi seseorang yang menguning pada bagian kulitnya, skleranya (bagian putih mata), dan juga kuning pada mulut dan membran mukosa hidungnya. Hal tersebut karena seseorang tersebut mengalami penumpukan bilirubin di dalam darah serta jaringan-jaringan tubuh lain. selain itu gejala lainnya yaitu warna urine yang keruh atau gelap dan tinja berwarna pucat. Bilirubin terbentuk saat hemoglobin terurai akibat proses regenerasi sel darah merah yang telah tua atau rusak. Kemudian bilirubin masuk ke pembuluh darah dan kemudian masuk ke hati. Selanjutnya bilirubin bercampur dengan empedu, kemudian dipindahkan ke saluran pencernaan dengan melewati saluran empedu dan akhirnya dibuang ke luar tubuh bersama urine dan juga tinja. Pada penyakit hati proses tersebut mengalami gangguan, sehingga bilirubin menumpuk di dalam darah dan akhirnya mengendap di kulit sehingga kulit tampak berwarna kuning.

Mencegah Penyakit Kuning

Penyakit kuning terbagi menjadi tiga jenis yaitu pre-hepatic, intra hepatic dan post hepatic. Penyakit kuning pre hepatic terjadi jika sel darah merah terlalu cepat mengurai sehingga kadar bilirubin meningkat terlalu pesat. Penyakit ini dapat disebabkan karena anemia sel sabit, anemia hemolitik dan malaria. Penyakit ini dapat menyerang segala umur. Sedangkan penyakit intra-hepatic disebabkan karena hati mengalami kerusakan yang biasanya disebabkan karena sirosis atau hepatitis. Penyakit ini umumnya menyerang pada usia paruh baya. Pada penyakit post hepatic terjadi karena adanya gangguan pada saluran empedu. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya batu empedu, tumor atau pankreatitis.

Pengobatan penyakit kuning sendiri disesuaikan dengan penyebabnya. Jika penyebabnya karena penyumbatan saluran empedu akibat tumor maka dapat dilakukan operasi. Kemudian jika penyakit kuning yang terjadi karena anemia sel sabit, maka akan dilakukan transfusi darah. Kemudian jika penyakit kuning disebabkan karena kerusakan hati, maka akan dilakukan pencangkokan hati. Penyakit kuning dapat disebabkan oleh banyak faktor yang tidak semuanya dapat dicegah. Namun ada beberapa cara untuk meminimalisir penyebab penyakit ini yaitu dengan vaksinasi hepatitis A dan B, menjaga berat badan, tidak mengonsumsi minuman beralkohol, menghindari menyuntikkan narkoba karena dapat menyebabkan hepatitis C.

Related posts: